Suzuki Ertiga Lakukan Pembaharuan Agar Tetap Eksis



                                                                        Foto: carreview.id

Suzuki Ertiga pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 silam, di acara New Delhi Auto Expo.Mobil ini sempat menggebrak Avanza atau Xenia pada pertama kemunculannya. Sebelumnya, mobil ini bernama R-III, R artinya Row (baris), dan III merupakan angka romawi dari 3, berarti memiliki tiga baris kursi yang berkapasitas 7 orang. R-III mulai dikenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada tahun 2010.

Semakin tahun peminat dari Suzuki Ertiga ini bisa dikatakan menurun. Masyarakat banyak yang kembali lagi pada Avanza atau Xenia. Agar tetap eksis dan mampu bersaing dengan mobil lainnya, Suzuki pun melakukan pembaharuan seperti pada bagian interior dan eksterior.  Pada tahun 2017, Ertiga yang muncul lebih stylish dan modern.  

Perubahan pada bagian eksterior depan, tampak lampu utamanya diubah. Dulu, headlampnya terlihat agak ‘kabur’ tapi sekarang dibuat lebih tajam. Untuk memancarkan penerangan yang maksimal, dipasang juga lampu reflektor. Lajut ke bagian samping, ada grill dengan aksen chrome yang membuat Ertiga ini tampak lebih mewah. Tampilan stylish bisa didapatkan karena terpasangnya dua lampu fog di sisi kanan dan kirim bumper. Ertiga ini juga sudah dilengkapi fitur New Electric Foldable Outsude Mirror, pada sisi spion. Dibagian belakang mobil, ada juga stopkamp kekinian dengan ditambah rear combinationlamp, pada pintu bagasi belakang. Tak lupa, wiper yang dipasang di kaca belakang agar pemandangan tidak buram saat terkena air hujan. 

Sementara pada bagian interior mobil, tepatnya di dashboard warna fiturnya diubah agar terlihat lebih soft. Tak ketinggalan, Ertiga juga memasang perangkat multimedia head unit. Meski masih standart, tapi penumpang di dalamnya tetap bisa memilih channel radio favourit, juga memutar lagu kesukaan lewat analog maupun digital. Suara yang dihasilkan pun mampu menggema di seluruh kabin karena adanya audio double din

Nah, untuk mesinnya sendiri Ertiga dibekali mesin berjenis Variable Valve Timming K14B DOHC 4 Silinder, 16 katup. Dengan 1.400 cc, mobil ini mampu menghasikan tenaga pacu cukup besar mencapai 95 ps pada putaran 6.000 rpm. Ertiga juga memiliki teknologi Multi Point Injection, jadi tak perlu khawatir, mobil ini mampu memberikan performa yang maksimal tapi irit bahan bakar. 

Kelebihan mobil Ertiga ini terletak pada bantingan setir yang ringan, fitur keselamatan cukup lengkap, bagasi luas sehingga mampu menyimpan banyak barang, dan rasio trasnmisi yang luas. Sementara kelemahannya ada pada minimnya fitur pada varian terendah, pelapis trim mudah kotor dan ruang terbatas pada kursi baris ketiga. 

Semoga artikel ini bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Pola Tapak Ban

Honda Small RS Concept Cocok Untuk Anak Muda

Jenis-Jenis Kit Untuk Mengkilapkan Mobil